Saturday, October 24, 2015

[REVIEW] Tommorowland Movie

Warning : Spoiler Alert!



Kali ini, Aku tertarik untuk mengulas sebuah film yang baru saja Aku tonton, kebetulan sekali Aku sedang ada waktu luang dan lagi di kampus, anak jurusan sebelah mengadakan acara nobar di raung auditorium MIPA, it was like a cinema simulation.. Luckily, gratis dan dapet food+beverage! Siapa yang nggak tertarik? Hehehe.. *mentalkere*
So, Aku dan temenku pun memutuskan untuk masuk ke ruang nonton yang telah di atur sedemikian rupa sehingga menyerupai studio cinema loh. Film yang ditayangkan berjudul Tomorrowland, film ini bergenre Science-Fiction, Adventure dan Mistery. Tomorrowland merupakan garapan Amerika yang diproduksi oleh Brad Bird dibawah Walt Disney Company. Film yang berdurasi 130 menit ini mengisahkan tentang seorang perempuan muda bernama Casey Newton (Britt Robertson). Casey merupakan perempuan cerdas yang memiliki rasa ingin tahu yang besar.
Dia merupakan rekrutan sebuah Audio-Animatronic robot (A.A robot) yang bernama Athena (Raffey Cassidy). Casey dipercaya dapat menyelamatkan dunia dari kehancuran, dan dia harus pergi ke dunia di dimensi lain dengan bantuan Frank Walker (George Clooney), seorang genius yang diasingkan ke bumi dari dimensi yang lain. Singkat cerita, Casey dikejar-kejar oleh beberapa robot antagonis yang berusaha mencegahnya pergi ke dimensi lain namun pada akhirnya dengan menggunakan roket konvensional yang ternyata selama ini 'nangkring' di bawah menara Eiffel, Casey, Athena dan Frank berhasil pergi ke dunia di dimensi lain yang pernah diperlihatkan kepada Casey ketika dia memegang pin bersimbolkan 'T' yang diberikan oleh Athena. Selama menyaksikan film ini, kita akan disungguhkan penampakan dari teknologi-teknologi canggih yang belum pernah kita lihat sebelumnya (well, I believed there are so many things that have been developed but those things aren't revealed yet to public), seperti misalnya saja mesin teleportasi yang bisa memindahkan manusia dari Amerika ke Eropa, ada hologram anjing menyalak sebagai penjaga rumah, roket canggih yang tertanam di bawah Eiffel Tower, robot manusia (android) yang canggih, alat yang bisa memperlihatkan masa depan dan masa lalu, dan masih banyak lagi. 
Sesampainya mereka di dunia beda dimensi, mereka disambut oleh gubernur di dunia itu, yaitu Nix (Hugh Laurie). Casey diperlihatkan tentang apa yang akan terjadi 55 hari terhadap bumi, akan terjadi kehancuran dimana-mana, dan Casey diberitahu bahwa dialah yang bisa mencegah itu terjadi. Namun Casey menyadari ada yang aneh dari itu semua, dari hasil analisis pemikiran Casey yang cerdas, mereka akhirnya sadar bahwa ternyata semua itu hanyalah skenario yang dirancang oleh Nix untuk ditanamkan ke pikiran manusia, bahwa bumi akan hancur sebentar lagi. Nix merasa  perlu menakuti manusia agar mereka menyadari apa yang bumi butuhkan di masa depan.
Pada saat itu sebenarnya amanah dari film Tomorrowland dijabarkan. Nix beragumen bahwa apabila tidak ditakut-takuti maka manusia tidak akan pernah sadar bahwa bumi ini dapat hancur dalam waktu singkat. Apabila mesin Tachyon (ciptaan Frank) masih saja terus menampilkan masa depan tentang hancurnya bumi, eventually bumi memang akan hancur dalam waktu dekat. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Casey sadar bahwa dia harus menghancurkan mesin itu. Tapi, Nix mencegahnya habis-habisan.
 Aku bisa mengerti mengapa Nix menanamkan tentang ide hancurnya Bumi kepada manusia, karena itu merupakan satu-satunya cara yang Nix percaya untuk memberi ganjaran kepada sebagian manusia yang sering merusak Bumi. Nix percaya bahwa hal tersebut harus dilakukan agar manusia merasakan urgensi untuk menyelamatkan bumi dan menghentikan kerusakan. Nix juga pesimis, bahwa manusia dapat mengerti, manusia ternyata menanggapi kehancuran bumi seakan-akan itu merupakan takdir yang tak dapat dicegah dan hanya bisa pasrah menerima, padahal bencana alam dan segala macam kerusakan hebat di bumi banyak yang disebabkan oleh perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab. 
Cut it out!
Dih ini aku malah nyeritain isi filmya.... So, intinya aja ya.. Casey disini merupakan pemuda yang diharapkan dapat membawakan perubahan yang baik terhadap bumi, dengan sifat keingintahuan Casey yang tinggi, sifat pemberani dan pantang menyerah yang dimilikinya. Casey merupakan salah satu Dreamer yang dapat menyelematkan bumi. Di akhir cerita, Casey dan Frank mengumpulkan Dreamers dari berbagai macam suku dan ras yang ditugaskan untuk mencari Dreamer lain di seluruh dunia. Para Dreamer akan mendapatkan pin bersimbol T seperti milik Casey. Kriteria Dreamer yang dimaksud di film ini terlihat dari apa yang sedang dilakukan para calon Dreamer yang diberikan pin tersebut. Ada yang sedang menanam pohon muda dipinggir jalan, ada yang sedang melakukan penjejalahan di hutan, ada yang sedang bertugas di pusat perlindungan gajah, ada yang sedang berinovasi di bidang otomotif, ada yang sedang menjadi musisi jalanan, dan masih banyak lagi. Semua kriteria tersebut merupakan kriteria pemuda-pemudi yang energik dan memiliki mimpi di bidang mereka masing-masing. 
Film ini mencoba meng-encourage kita yang sedang di masa usia produktif, untuk selalu melakukan inovasi dan berkontribusi di bidang masing-masing. Jangan takut untuk bermimpi dan mengejar mimpi tersebut, karena kunci dari ketahanan dunia ini adalah anak-anak muda cemerlang yang pantang menyerah, contohnya seperti Casey.
Hmm, kalau pendapatku pribadi sih, amanat dari film itu memang ngena' banget di aku. Aku selalu ngerasa bahwa aku harus turun langsung untuk membuat dunia menjadi lebih baik untuk ditinggali oleh semua mahluk hidup. Namun sayangnya, masih banyak karakter-karakter yang menghambat yang ada diriku, seperti males, ragu-ragu, tidak percaya diri, dsb. Padahal, apabila aku bisa fokus ke tujuan, maka hambatan harusnya bukan menjadi suatu rintangan, tapi menjadi cambuk yang terus memotivasi untuk menjadi lebih baik lagi agar bisa melalui semua kesulitan.
Semoga para penonton film Tomorrowland benar-benar dapat meresapi amanat yang coba disampaikan oleh film tersebut dan menjadi tergerak hatinya untuk segera melalukan perubahan ke arah yang lebih baik demi dunia ini agar tidak collapse nantinya.

SEMANGAT para PEMUDA! *widesmile*

Some information taken from :
https://en.wikipedia.org/wiki/Tomorrowland_(film)
Photo taken from :
http://raisingwhasians.com/wp-content/uploads/2015/04/Disney-tomorrowland-movie-posters-646x1024.jpg

No comments:

Post a Comment